Sunday, November 25, 2012

sirsak mengobati keputihan

Organ intim wanita yang disebut miss v merupakan organ terpenting dan paling sensitif terhadap lingkungan. Kadang wanita tidak menyadari kebiasaan sehari-hari yang bisa berdampak buruk pada miss v, misalnya saat buang air kecil seringkali usai dibasuh dengan air tidak lagi dikeringkan dan langsung mengenakan celana dalam. Hal tersebut mengakibatkan miss v terperangkap dalam lingkungan yang lembab. Kondisi ini yang menyebabkan perkembangan bakteri, virus dan jamur.
Pengeluaran cairan pada miss v yang berlebihan disebut keputihan. Keputihan bukanlah penyakit yang berbahaya jika tidak segera ditangani sedini mungkin. Lendir atau cairan keputihan ini diproduksi dari leher rahim, dan saluran indung telur atau kelenjar lainnya.
Keputihan masih dikatakan normal dan sehat apabila keputihannya tidak berbau serta warnanya putih atau bening yang tidak berlebihan sehingga membuat perasaan menjadi tidak nyaman dan tidak mengalami rasa gatal dan nyeri.
Wanita harus lebih memperhatikan dan menjaga kebersihan dari miss v. Waspadalah pada perubahan mendadak yang mengakibatkan keluarnya cairan yang berlebihan. Untuk itu, harus lebih berhati-hati jika mengalami rasa gatal yang berlebihan dan infeksi akibat garukan yang terlalu keras dengan memperhatikan siklus bulanan saat keputihan datang. Anda harus mengenali tanda-tanda kelainan sebagai berikut:
  1. Cairan berwarna putih kental dan kehijauan serta mengandung nanah.
  2. Bau tidak sedap
  3. Mengeluarkan cairan yang berlebihan
  4. Terasa gatal dan mengalami bengkak yang mengakibatkan nyeri di panggul atau perut
  5. Mengeluarkan darah di luar jadwal siklus menstruasi.
Jika Anda mengalami kelainan tersebut pada keputihan anda, ada baiknya untuk lebih ekstra hati-hati dan segera memeriksakan diri ke dokter untuk pencegahan lebih lanjut.
Keputihan merupakan gangguan sekresi vagina pada wanita yang dapat menimbulkan gatal-gatal di area bibir vagina. Selain itu, dapat mengakibatkan peradangan di saluran kecing sehingga terasa nyeri saat buang air kecil.
Untuk pencegahan awal sebaiknya wanita harus menjaga organ intimnya saat bangun tidur dan mandi pagi . Hal-hal yang dapat dilakukan untuk pencegahan adalah sebagai berikut:
  • Bersihkan miss v dengan pembersih yang berbahan dasar susu karena dapat menjaga keseimbagan pH dan menekan pertumbuhan bakteri. Bisa juga mengunakan sabun antiseptik tapi produk ini tidak menguntungkan bagi kesehatan miss v dalam jangka waktu yang panjang.
  • Jangan lupa selalu mengeringkan miss v usai dibasuh saat buang air dan jangan memakai bedak pada miss v untuk tujuan keharuman karena dapat menjadi tempat bersarang bagi bakteri dan jamur.
  • Selalu gunakan celana dalam yang kering dan segera diganti jika celana dalam sudah basah.
  • Sebaiknya menggunakan celana dalam yang berbahan katun karena dapat menyerap keringat.
  • Disarankan untuk tidak memakai jeans saat menstruasi karena jeans menyebabkan sirkulasi udara di sekitar miss v tidak dapat leluasa bergerak.
  • Menggunakan panty liner seperlunya saja dan jangan terlalu lama pemakainnya.
Berikut ini adalah salah satu tips untuk mengobati penyakit keputihan tersebut dengan pengobatan alami dan tradisional. Bagi Anda yang mengalami keputihan bisa mencoba bahan dan resep olahan dengan menggunakan daun sirsak.
Bahan:
  • 12 lembar daun sirsak
  • 5 ruas jari kunyit
  • 5 gelas air (1000 cc)
  • Garam secukupnya
Cara pengolahan:
  1. Cuci daun sirsak hingga bersih.
  2. Kupas kunyit hingga kelihatan dagingnya, cuci hingga bersih kemudian potong kecil-kecil.
  3. Rebus daun sirsak dan kunyit yang telah dipotong ke dalam 5 gelas air.
  4. Tambahkan garam.
  5. Tunggu hingga air rebusan tersisa satu gelas.
Cara penggunaan ramuan:
Minum satu gelas air rebusan daun sirsak secara rutin tiga kali sehari sampai keputihan Anda sembuh.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

0 comments:

Post a Comment